25.5.16

3 Pilar Penting untuk Eksplorasi Anak



Melanjutkan postingan tentang keseruan Dancow Explore The World. Saya berkesempatan mengikuti Talkshow bersama Dancow Parenting Centre. Talkshow seru ini dipandu oleh Shannaz Haque dengan bintang tamu Carrisa Putri yang membawa serta anaknya.



Tumbuh kembang si kecil dapat dipengaruhi oleh banyak hal. Eksplorasi anak harus difasilitasi dengan baik. Ada tiga pilar penting yang harus diperhatikan agar eksplorasi anak optimal. Pilar itu antara lain:

1. Kecukupan cinta kasih dari ayah, bunda, dan lingkungan sekitaranya.
'love'

Kesannya klise dan sepele ya? Mana ada sih orang tua yang nggak sayang sama anaknya? Tetapi si kecil terkadang perlu ditunjukkan rasa cinta dan kasih sayang terutama dari kedua orang tuanya, agar si kecil mendapatkan rasa aman sehingga anak memiliki basic trust untuk bereksplorasi. Golden age alias 5 tahun pertama kehidupan si kecil dapat dimanfaatkan orang tua untuk melakukan bonding sebaik-baiknya dengan si kecil. Setelah melewati usia itu, anak dengan kecukupan cinta kasih akan lebih percaya diri untuk berksplorasi dengan dunia barunya, seperti lingkungan sekolahnya.

2. Kecukupan nutrisi.
Sumber: http://diariodeumadietista.com/

Poin ini sudah sangat jelas maksudnya ya. Supaya eksplorasi bisa optimal, tentu nutrisi si kecil harus terpenuhi dengan baik. Bila nutrisi si kecil tidak tercukupi dengan baik, bisa membuat si kecil menjadi rentan sakit dan tentu saja eksplorasi menjadi tidak optimal. Usahakan si kecil untuk selalu mengkonsumsi makanan sesuai dengan panduan gizi seimbang dan dapat pula dilengkapi dengan asupan susu pertumbuhan yang memiliki komposisi nutrisi seimbang sesuai dengan usianya dan mengandung bakteri baik agar saluran cerna si kecil selalu sehat. Kesehatan saluran cerna itu sangat penting diperhatikan, karena gangguan saluran cerna dapat menghambat tumbuh kembang dan eksplorasi anak.

3. Kecukupan stimulasi
Stimulasi yang tepat sesuai usia anak.
Kecukupan stimulasi dapat diperoleh saat si kecil bermain, seperti saat bermain di Dancow Explore The World ini. Stimulasi untuk melatih keterampilan anak mengambil sesuatu dapat dilakukan saat si kecil bermain tangkap ikan. Kemampuan berkreasi bisa distimulasi lewat origami, lego, atau pun bermain pasir. Untuk Ais sendiri, stimulasi yang paling disukainya adalah stimulasi untuk geraknya, seperti berloncat-loncatan di banana boat di Augmented Reality Lumba-lumba, atau pun berlarian di padang rumput sintetis di Augmented Reality Harimau.

Lebih lengkap mengenai cara mendidik anak dapat diakses di:  www.dancow.co.id/dpc


1 komentar:

Yoanna Fayza mengatakan...

Hiiks nggak dateng di sesi yang ini, jadi nggak punya ide nulis wkwkwkk...