25.5.16

Stimulasi dan Eksplorasi Bersama Dancow Explore The World


Tahun lalu, Dancow Exelnutri + membuat acara bertema Dancow Ranch Adventure di Jogja City Mall. Tahun ini, mengusung tema Dancow Explore The World. Ada 4 negara yang bisa dikunjungi anak-anak. Ada negara Indonesia, Jepang, Brazil, dan Netherland (Belanda). Masing-masing negara mewakili permainan tertentu.

Pada Zona Indonesia, ada arena memancing, memberi makan kura-kura, bermain pasir, dan merasakan augmented reality bersama lumba-lumba. Ais paling seru main di zona Indonesia, cinta tanah air gitu loh! Ya habis kalau di zona Indonesia memang permainannya 'Ais banget', mulai dari memancing-lebih tepatnya menjaring- ikan, sampai bermain pasir yang memang sudah jadi agenda bermainnya setiap hari. Di arena permainan pasir terdapat Augmented Reality Lumba-lumba. Di wahana ini, si kecil bisa berinteraksi secara virtual dengan lumba-lumba. Pengunjung juga mendapat fasilitas berfoto bersama lumba-lumba yang hasilnya langsung dicetak di tempat.
Bisa berfoto dan berinteraksi dengan lumba-lumba virtual.

Sebagai properti berfoto bersama lumba-lumba virtual, disediakan Banana Boat. Namun, pada akhirnya Banana boat ini kemudian menjadi sasaran empuk anak-anak untuk berloncat-loncatan. Petugas beberapa kali mengingatkan anak-anak agar berhati-hati saat bermain, akan tetapi tidak sampai melarangnya. Suasana permainan semakin chaos (tetapi seru), saat bola-bola besar di arena bermain pasir digelindingkan menuju banana boat.
Petugas mulai kewalahan menertibkan anak-anak.

Setelah puas bereksplorasi (dan juga sudah habis masa bermainnya) di Zona Indonesia, kami lalu menuju zona selanjutnya. Kali ini yang dituju adalah Zona  Jepang. Di zona ini ada arena bermain lego, origami, dan berfoto bersama menggunakan yukata. Selain itu ada juga booth konsultasi untuk para orang tua mengkonsultasikan kesehatan anaknya. Ais kurang tertarik di zona ini, mungkin karena permainannya seperti permainannya saat di rumah.
Keliling 4 negara besar di dunia!
Zona Netherland termasuk yang cukup menarik buat Ais. Soalnya ada zona berkebun yang artinya bisa bermain tanah, hehe. Sempat masuk ke booth berisi bunga di Zona Netherland, tetapi Ais hanya menciumi bunganya sebentar saja, setelah itu dia langsung berlari keluar dan ikut lomba mewarnai.

Ada lomba mewarnai untuk anak usia 3-5 tahun nih.
Namun, mewarnai belum selesai, Ais kemudian langsung menuju Zona Brazil.

Zona Brazil, sesuai ciri khasnya dengan Hutan Amazon, maka terdapat berbagai hewan di sini. Yang paling menarik perhatian Ais adalah Zona Augmented Reality Harimau. Di zona ini Ais terlihat sangat bersemangat sekali berlarian kesana kemari. Untung saat itu tidak banyak yang akan berfoto bersama harimau virtual, jadi Ais diperbolehkan mas penjaganya untuk bereksporasi di area Augmented Reality Harimau.

Untuk menjamin eksplorasi Ais, aku selalu memperhatikan asupan makanannya. Jangan sampai pencernaannya terganggu karena dapat berpengaruh bagi pertumbuhannya.

Baca: Waspadai Pencernaan Sensitif pada Anak

Selain itu, perhatian dan cinta kasih yang tulus juga akan menjamin eksplorasinya. Sebagai orang ua, aku harus selalu mengupgrade diri dengan ilmu terbaru. Sejatinya, mendidik anak berarti mendidik diri kita sendiri. 

Selain itu, stimulasi yang tepat seperti bermain di area permainan Dancow Explore The World diperlukan untuk ekslorasi dan tumbuh kembang Ais lebih optimal.

Selengkapnya tentang Tiga Pilar Penting untuk Eksplorasi Anak.